Makanan Khas Lombok

Pulau Lombok tak hanya dikenal berkat wisata alamnya yang sangat indah. Di sini, kita juga bisa melakukan wisata kuliner. Pasalnya, ada banyak makanan khas Lombok dengan citarasa super enak yang bisa kita temukan di sini. Wisata kuliner bisa dilakukan setelah kita puas menjelajah Lombok seharian.

Sebagai destinasi wisata favorit, pulau Lombok sudah terkenal tidak hanya di kalangan pelancong tanah air, namun hingga mancanegara. Bukan pemandangan aneh lagi ketika melihat kawasan-kawasan wisata di pulau Lombok penuh dengan turis asing.

Masing-masing kuliner khas ini memiliki keunikan tersendiri dan pastinya dijamin akan dapat menggoyang lidah. Bahkan, belum lengkap rasanya mengunjungi Pulau Lombok kalau belum mencicipi aneka makanan berikut. Kita bisa menemukannya di rumah-rumah makan hingga warung tenda pinggir jalan. Berikut adalah tujuh makanan khas asal Pulau Lombok yang tak boleh dilewatkan saat liburan.

 

Ares

Jangan khawatir, ini bukan nama Dewa Perang dari mitologi Yunani. Sebaliknya, makanan asli Lombok satu ini dimasak menggunakan bahan dasar pelepah pisang plus santan. Biasanya disajikan bersamaan dengan upacara pernikahan Suku Sasak. Untungnya, kini para pelancong bisa menyantap Ares kapan saja. Sudah ada sejumlah restoran di Lombok yang menawarkan menu ini. Sama seperti Plecing Kangkung, Ares bakal terasa lebih lezat jika disantap bersama nasi putih.

Baca Juga  Sinar Café: Tongkrongan Anak Millenial di Lombok Timur
merahputih.com
merahputih.com

Ayam Taliwang

Ayam taliwang adalah makanan khas Lombok yang paling populer. Kuliner satu ini juga memiliki sejarah panjang. Ayam taliwang awalnya diperkenalkan oleh juru masak dari Sultan Sumbawa pada zaman Raja Karangasem. Masakan ini juga bisa ditemui dengan mudah di sebagian kota besar Indonesia, bukan hanya ada di Lombok.

Namun, ayam taliwang di Lombok tentu memiliki citarasa khas karena ada beberapa bumbu khas asli Lombok yang digunakan di dalamnya. Terdapat satu tempat di Mataram yaitu Karang Taliwang yang konon menjadi tempat pertama dikembangkannya ayam taliwang. Seiring perkembangannya, kita akan dapat menemukan penjual ayam taliwang di sepenjuru Lombok.

www.flickr.com: Harun Harahap
Flickr : Harun Harahap

Bebalung

Makanan khas Lombok berikutnya adalah bebalung. Dalam bahasa Sasak, bebalung artinya tenaga. Makanan ini sendiri dibuat dari tulang iga sapi maupun kerbau dengan racikan bumbu istimewa. Bumbunya terdiri dari cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas serta jahe.

Rasa pedasnya khas dan menjadi salah satu makanan khas dari Lombok yang wajib dicoba oleh para wisatawan. Daya tarik kuliner satu ini terutama adalah rasa kuah yang berbeda karena menggunakan bumbu spesial yang tidak akan kita temukan pada jenis kuliner lainnya. Penyuka makanan berbahan dasar iga terutama akan sangat menyukai bebalung ini.

Foursquare.com
foursquare.com

Nasi Balap Puyung

Jika dilihat dari tampilannya saja, nasi balap puyung ini sekilas tak tampak spesial. Isinya adalah suwiran daging ayam dan diolah bersama kacang kedelai, cabai, abon, belut goreng serta taburan udang goreng. Namun, rasa pedas dari bumbunya cukup membuat makanan khas Lombok satu ini populer.

Baca Juga  10 Makanan Buka Puasa dari Berbagai Negara, Awas Ngiler!!

Nasi balap puyung sendiri berasal dari Lombok Tengah, tepatnya di Desa Puyung. Makanan ini diperkenalkan pertama kali oleh Inaq Esun. Inaq sendiri berarti ibu dalam bahasa Sasak. Perbedaannya adalah sambal khas puyung dengan potongan ayam serta sayur lain. Tidak ada salahnya mencoba makanan satu ini ketika berlibur ke Lombok.

paketliburanlombok.co.id
paketliburanlombok.co.id

Plecing Kangkung

Plecing Kangkung memang makanan yang dapat anda rasakan diberbagai tempat makan. Namun, kangkung yang ada di Lombok berbeda dengan kangkung yang tumbuh di Pulau Jawa. Teksturnya akan terasa lebih lembut di lidah dan warna hijau mudanya terlihat segar, akan menciptakan sebuah sensasi berbeda ketika anda mengunyahnya, apalagi dipadukan dengan bumbu khas lombok yang super pedas.

Flickr : Irarodrigues
Flickr : Irarodrigues

Sate Bulayak

Bulayak ialah sejenis ketupat atau lontong dengan bungkus daun enau atau daun aren dalam bentuk memanjang. Untuk membuka bulayak, kita harus menggunakan gerakan memutar. Dalam bahasa Sasak sendiri, kata bulayak berarti lontong. Namun bagi beberapa orang, rasa bulayak akan lebih gurih serta lembut jika dibandingkan lontong maupun ketupat. Makanan ini umum disajikan bersama sate.

Tempat diperkenalkannya sate bulayak sebagai makanan khas Lombok ialah Narmada. Beberapa tempat yang cukup direkomendasikan apabila kita hendak mencicipi sate bulayak ialah Pantai Senggigi, Hutan Suranadi, Narmada, Pantai Ampenan dan Taman Udayana. Di tempat-tempat tersebut akan kita temukan banyak penjual sate bulayak.

Baca Juga  Raminten Jogja, Menikmati Kuliner Dengan Nuansa Eksentrik
pesonalomboksumbawa.info
pesonalomboksumbawa.info

Sate Rembige

Sate rembiga terbuat dari daging sapi empuk dengan citarasa khas. Menurut sejarahnya, keluarga Raja Pejanggik di Rembiga sangat ahli dalam membuat sate. Keahlian ini kemudian diturunkan dari generasi ke generasi hingga kini. Sekarang, keahlian dalam meracik sate tak sekedar keahlian turun temurun tapi telah jadi usaha yang turut mengangkat perekonomian warga di Rembiga serta Mataram.

Aroma harum dari makanan khas Lombok ini sangat menggoda lidah. Sate rembiga terutama akan semakin lezat jika disajikan hangat saat baru selesai dikipas. Daging satenya sendiri berwarna kemerahan dengan aroma asap dari hasil kipasan pembuatannya. Kita bisa menuju Kota Mataram di bagian utara untuk menemukan penjual sate rembiga. Seporsi sate umumnya akan disajikan bersama lontong.

food.detik.com
food.detik.com

 

Nah, jadi makin penasaran kan dengan makanan khas Lombok yang benar-benar menggugah selera. Itulah sederet rekomendasi makanan khas Lombok yang bakal membuai lidah para teman Traveller. Kini kalian tak perlu bingung lagi menentukan tujuan wisata kuliner, jika suatu saat berkesempatan jalan-jalan ke Pulau Seribu Masjid.

Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social dibawah ini. Terima Kasih.

2513cookie-checkWajib Coba!! 7 Makanan Khas Lombok Ini Punya Cita Rasa Yang Super Enak
Share Yuk!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •