Liburan merupakan hal yang menyenangkan untuk melepas stress dari penatnya aktifitas. Sebagai salah satu destinasi paling populer di Indonesia, nama Bali sudah dikenal di level mancanegara. Bukan tanpa alasan, Bali jadi jujugan favorit para traveler.

Kalau liburan ke Bali, jangan cuma ke Kuta atau Ubud, Sobat juga harus mencoba wisata-wisata tersembunyinya. Salah satunya destinasi wisata Nusa Lembongan. Nusa Lembongan merupakan salah satu pulau wisata yang cocok untuk dijadikan pilihan saat hari libur. Saya sudah ke sana, Sobat kapan?

Lokasi Nusa Lembongan

Sebelum pergi ke sana, Saya sudah mengetahui bahwa Nusa Lembongan merupakan sebuah pulau kecil 11 km di sebelah tenggara Bali. Berdekatan dengan Penida serta ceningan di selat badung. Memiliki lebar 1-1,5 km dan panjang 4,6 km. Terdapat dua desa yaitu Lembongan dan Jungubatu.

Masyarakat di sana kebanyakan memiliki mata pencaharian sebagai petani rumput laut, sektor pariwisata serta penunjangnya. Salah satu yang menjadi primadona yaitu Desa lembongan, karena menurut Saya banyak tempat-tempat dan spot menarik di dalamnya.

Di antaranya Goa alam buatan unik yang membuat Saya ingin menikmati keindahan sunset maupun sunrise pantai di dalamnya. Di pulau Lembongan sendiri terdapat Tanjung Sanghyang, Dream Beach, dan Selambung berpasir putih yang sangat berkesan dan indah.

Baca Juga  Candi Borobudur, Candi Budha Terbesar yang Memikat Hati

Cara untuk Menuju Nusa Lembongan

Berikut adalah cara menuju kawasan wisata Nusa Lembongan:

  1. Menaiki Fast Boat

Fastboat merupakan sarana tercepat untuk bisa liburan menuju ke Nusa Lembongan. Biasanya digunakan mereka yang terburu-buru serta ingin cepat sampai ke tujuan. Menurut Saya, ini adalah armada terbaik jika ingin berlibur di sana.

Ada hal lain yang bisa didapatkan dengan menggunakan kapal cepat ini. Yaitu keseruan saat melaju dengan cepat menerjang gelombang laut. Memang badan kapal akan banyak bergoncang. Rutenya lewat Sanur, pelabuhan Serangan, Benoa dan bisa juga Nusa Penida.

  1. Menaiki Cruise

Cara lain yang Saya penah coba yaitu, menggunakan cruise karena terkesan mewah dan waktunya tidak begitu lama. Ukuran kapal yang besar membuat perjalanan terasa nyaman. Rute juga bisa dari Sanur, Serangan dan Pulau Penida.

Cruise memiliki ukuran yang besar dan mudah ditemukan, terlebih di dekat pulau. Setelah sampai di Nusa Lembongan, tak sabar rasanya untuk Saya mencoba snorkeling dan berbagai destinasi lainnya.

  1. Naik Public Boat

Cara ketiga untuk menuju Nusa Lembongan adalah dengan Public Boat atau juga biasa disebut kapal Jukung karena mirip milik nelayan. Untuk perjalanannya, Saya rasa memang cukup lambat, namun biayanya paling murah dibandingkan dengan lainnya.

Selain lambat, sarana ini juga harus dapat menyesuaikan waktu, karena biasanya hanya menerima pengantaran di pagi hari saja. Sekitar pukul 07.00 atau 08.00 WITA. Menurut Saya armada ini cocok buat penyuka hal-hal tradisional. Adapun rutenya bisa lewat Serangan dan juga Sanur.

Baca Juga  Sajian Seni Khas Bali: Tari Kecak Uluwatu

Tempat-Tempat Wisata Nusa Lembongan yang Menyenangkan

Berikut adalah beberapa tempat wisata di kawaan Nusa Lembongan yang dijamin asik dan menyenangkan:

  1. Kawasan Hutan Mangrove

Hampir semua orang, termasuk Saya pastinya sudah tahu tanaman Mangrove. Biasanya kawasan tersebut berada di dekat pantai dengan jembatan kayu nan panjang menerobos hutan tersebut.

Juga terdapat beragam flora dan fauna yang menambah keseruan saat berjalan menyusuri hutan tersebut. Nuansa hijau di sana akan memberi kesan asri dan menenangkan. Untuk menuju tempat tersebut cukup mudah, karena telah dapat perahu yang disewakan.

  1. Jungut Batu

Kawasan kedua yang sudah Saya kunjungi di Nusa Lembongan yaitu, Jungut Batu. Tempat tersebut berisi banyak penginapan dengan harga terjangkau. Dengan begitu, para traveller, turis luar negeri maupun backpacker pasti memilihnya sebagai tempat utama.

Namun, saat mencari penginapan di lokasi ini bisa dibilang susah-susah gampang. Hal ini disebabkan karena letak desanya yang luas serta tempat menginapnya juga bervariasi. Saran Saya, sebaiknya memesan terlebih dahulu jauh-jauh hari maupun tanya langsung kepada kapten atau kru kapal yang bertugas.

  1. Desa Lembongan

Bagi orang-orang yang suka melihat atau menikmati suasana perkampungan. Saya rekomendasikan datang ke Desa Lembongan, karena bisa berkeliling serta melihat kegiatan sehari-hari masyarakat secara langsung. Namun, saat bepergian ada baiknya berhati-hati karena jalannya kurang bagus.

 

Baca Juga  Wow!! Keindahan Ini Hanya Bisa Anda Jumpai di Gunung Rinjani

Berapa Anggaran Biaya untuk Kesana?

Perlu dicatat sesuai pengalaman Saya, jika mau berkunjung ke lokasi ini, setidaknya persiapkan beberapa budget lebih. Namun, untuk fasilitas umum yang bisa digunakan yaitu:

  • Biaya penyeberangan: Rp. 100.000 – 200.000 (Pulang pergi sekitar Rp. 400.000)
  • Biaya penginapan: Rp. 200.000 – 350.000 per satu malam.
  • Biaya Konsumsi perhari: Rp. 100.000 – 150.000 per satu orang (menyesuaikan kebutuhan).
  • Biaya tambahan Sewa motor: Rp. 75.000 – 100.000 sehari.
  • Biaya tiket: kebanyakan gratis, jadi cukup bayar parker kendaraan saja, sekitar Rp. 2.000.

Itulah tadi pengalaman Saya mengenai Nusa Lembongan, sebuah tempat wisata yang sayang jika tidak dikunjungi. Untuk sekedar saran, agar mempersiapkan kebutuhan liburan Anda jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Dan juga bawalah uang yang lebih.

3463cookie-checkNusa Lembongan : Lokasi, Rute, Fasilitas dan Biaya
Share Yuk!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •