Kehadiran kredit tanpa agunan ini sangat dinantikan oleh semua masyarakat. Terlebih untuk Sobat jika tidak memiliki barang berharga maupun benda lain yang bisa dijadikan jaminan. Program kredit ini bisa digunakan baik untuk keperluan modal usaha maupun keperluan pribadi.

 

Kredit Tanpa Agunan Mempermudah Nasabah

Semakin hari, kebutuhan masyarakat guna peningkatan ekonomi semakin meroket, terutama untuk kalangan menengah ke bawah. Misalnya saja saat membuka usaha harus mencarinya modal terlebih dahulu. Salah satu solusinya adalah dengan meminjam pada lembaga keuangan seperti bank.

Banyak orang takut datang ke bank, sebagian berfikir tidak memiliki aset berharga yang bisa dijadikan jaminan kredit. Untuk mengatasi masalah semacam ini bisa menggunakan produk kredit tanpa agunan atau sering diisebut KTA dari beberapa jenis bank.

Saat peminjaman tentu ada syarat yang harus di penuhi. Misalnya saja, profesi seorang debitur haruslah seorang karyawan yang memiliki gaji tetap. Ketatnya aturan ini dikarenakan untuk menghindari terjadinya kredit macet yang merugikan pihak penyelenggara.

 

Syarat Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

Meskipun dalam kredit jenis ini tidak meminta agunan dalam pengajuan. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa bahwa aset yang dimiliki bisa di sita akibat mangkirnya pembayaran. Untuk itu, pahami syarat dan ketentuan yang berlaku agar nantinya kredit diterima.

Baca Juga  Jasa Pengamanan Transaksi Online by Selamet Muliadi

Adapun beberapa syarat mengajukan kredit tanpa agunan adalah sebagai berikut :

  1. Warga Negara Indonesia dan Berdomisili di Indonesia

Syarat yang pertama, yaitu calon peminjam harus merupakan warga negara Indonesia, bertempat tinggal di Indonesia dan satu wilayah dengan bank terkait. Hal ini diberlakukan untuk mempermudah proses pengajuan, terutama saat melakukan survei lokasi.

  1. Berusia Minimum 21 Tahun

Calon debitur yang akan mengajukan kredit juga harus memiliki umur sekurang-kurangnya adalah 21 tahun. Karena pada usia ini pada umumnya sudah memiliki pekerjaan yang tetap, mapan dan bertanggung jawab.

  1. Memiliki Gaji Tetap

Syarat yang selanjutnya menjadi patokan bank dalam pengajuan kredit adalah berstatus sebagai karyawan maupun pengusaha dengan gaji tetap. Penghasilan minimal 2 juta perbulan, hal ini untuk mengantisipasi terjadinya ketidak mampuan debitur dalam melunasi utang-utangnya.

  1. Melengkapi Dokumen

Syarat terakhir yang harus dilengkapi yaitu dokumen-dokumen untuk menjadi pertimbangan pihak bank. Kegunaan dari dokumen tersebut adalah untuk memastikan calon pemohon layak atau tidaknya menerima pinjaman.

Dokumen yang harus dilengkapi calon debitur adalah mengisi form pendaftaran dari bank, fotokopi  KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan Kartu Keluarga (KK), mengisi data diri dan juga pasangan, menyertakan fotokopi akta nikah, fotokopi NPWP maupun SPT, menyertakan slip gaji asli.

 

Bank Penyedia Kredit Tanpa Agunan

Banyaknya keinginan yang dimiliki oleh penduduk Indonesia untuk melakukan pinjaman, membuat lembaga perbankan berlomba-lomba dalam menyediakan layanan ini. Beberapa bank yang memberikan pelayanan kredit tanpa agunan adalah:

  1. Bank ANZ Indonesia

Bank ANZ Indonesia merupakan bank yang berasal dari australia dan bercabang di Indonesia. Waktu persetujuan dari bank ini terbilang cukup lama, 3-7 hari pada jam kerja. Suku bunga yang dibebankan juga tinggi, yaitu sekitar 11,88 % – 23,88 % dalam kurun waktu satu tahun.

Baca Juga  Jasa Pengamanan Transaksi Online by Selamet Muliadi

Minimal dana pinjaman yang diambil sebesar 8 juta, maksimal 250 juta. Dengan tenor pinjaman 1-5 tahun. Syarat utama dalam pengajuan kredit di bank ANS Indonesia adalah merupakan WNI yang bekerja dan tinggal di Indonesia.

  1. Bank Bukopin

Suku bunga yang ditetapkan bank bukopin tergantung tenggang waktu yang diambil oleh nasabah. Akan tetapi, besarannya terbilang cukup tinggi diatas 1,5 % untuk 1 tahun. Semakin lama tenor yang diambil maka semakin besar pula bunga yang dibebankan.

Persyaratan yang ditetapkan oleh bank ini adalah pendapatan minimal 3 juta tiap bulannya. Usia sekurang-kurangnya 21 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat pelunasan terjadi. Akan tetapi, kabar baik untuk warga negara asing juga bisa mengajukan kredit.

  1. Bank Danamon

Bank Danamon pada saat ini juga menyediakan produk kredit tanpa agunan serta memberi banyak kemudahan. Kemudahan dalam bank ini di antaranya proses pengajuan cepat dan juga limit pinjaman yang bisa mencapai 200 juta.

Akan tetapi, terdapat beberapa resiko apabila mengajukan kredit tanpa agunan di Bank Danamon ini. Yakni, saat melakukan pelunasan pinjaman yang dipercepat ataupun terlambat dalam pembayaran, maka dikenakan denda.

Apabila debitur tidak mampu melunasi sisa pinjaman beserta bunganya. Kebijakan yang diambil oleh bank adalah melakukan penagihan ke rumah. Namun, jika tidak efektif maka akan diajukan ke ranah hukum.

Banyaknya lembaga keuangan yang menyediakan produk kredit tanpa angunan akan memudahkan Sobat dalam memilih jenis pinjaman sesuai kemampuan. Karena setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda untuk setiap suku bunganya. Untuk itu, selektiflah dalam memilih bank mana yang dijadikan sebagai penyedia dana.

3352cookie-checkModal Usaha dengan Kredit Tanpa Agunan
Share Yuk!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •