JANDA BOLONG SUBUR MEDIA AIR CARA TANAM DAN MERAWATNYA
JANDA BOLONG SUBUR MEDIA AIR CARA TANAM DAN MERAWATNYA
JANDA BOLONG SUBUR MEDIA AIR CARA TANAM DAN MERAWATNYA

janda bolong saat ini lagi trending dikalangan pecinta tanaman. Daunnya yang unik serta mempunyai seni keindahan tinggi yang enak dipandang, membuat tanaman janda bolong ini laris dipasaran. Harganya pun kini bukan main seharga 50 juta.

CARA MERAWAT JANDA BOLONG MEDIA AIR

  1. Media tanam janda bolong yang bagus

Langkah pertama dan salah satu yang terpenting dalam metode menanam Janda Bolong secara hidroponik adalah memilih wadah yang tepat.

Pilihlah wadah berbahan kaca atau keramik bening yang dapat berdiri tegak. Selain itu, pastikan wadah memiliki “leher” yang lebih kecil ketimbang “badan”. Pastikan juga wadah tidak terbuat dari logam karena dapat membuat kualitas air menjadi buruk.

Selain itu, pilih wadah dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran Janda Bolong yang hendak ditanam. Perhatikan juga keindahan wadah, agar ketika diletakkan bisa menambah estetika ruangan.

  1. cara menanam janda bolong agar subur

Setelah memilih wadah, cara selanjutnya adalah meletakkan tanaman Janda Bolong di dalamnya. Posisikan ujung batang dan akar dengan benar, yakni berdiri tegak. Tambahkan kerikil putih atau sejenisnya untuk mempermudah.

Jika monstera sebelumnya ditanam di dalam pot, pastikan tidak ada sisa tanah yang menempel. Bersihkan terlebih dulu dengan air sumur atau air yang berasal dari mata air sebelum memindahkannya ke dalam wadah hidroponik.

  1. Cara Merawat janda bolong hidroponik

Langkah selanjutnya dan tidak kalah penting dari step sebelumnya adalah memastikan volume air dan asupan nutrisi pada tanaman memadai.

Tambahkan air dengan volume yang tepat ke dalam wadah. Selain itu, beri pupuk terbaik setiap satu atau dua bulan sekali agar tanaman Janda Bolong tetap memiliki nutrisi yang cukup.

Manfaat Tanaman Janda Bolong

  • Memperbaiki Kualitas Udara

Manfaat tumbuhan janda bolong yang pertama yaitu dapat memperbaiki kualitas udara. Jika diletakkan di dalam rumah, tanaman hias ini dapat menyerap berbagai zat beracun dari udara. Misalnya benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan amonia.

  • Menyegarkan Mata Lelah

Duduk di dekat tumbuhan janda bolong sambil menikmati keindahan daunnya dapat membantu menyegarkan mata yang lelah. Memandang tumbuhan hijau setelah bekerja di depan layar komputer selama berjam-jam bisa menyegarkan mata kembali.

Selain menyegarkan mata, tanaman janda bolong ini juga dapat menyerap kandungan bahan kimia yang sering menyebabkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, gangguan saluran pernapasan, dan reaksi alergi.

Kelebihan Tanaman Janda Bolong

  • Mudah Dirawat

Sebenarnya janda bolong berharga mahal bukan karena sulit dicari atau membutuhkan perawatan rumit. Tanaman ini cukup mudah dipelihara. Tidak membutuhkan banyak sinar matahari, relatif tahan serangan hama, dan tidak mudah layu.

  • Memberikan Kesan Elegan

Salah satu kelebihan utama janda bolong adalah daunnya yang berbentuk unik. Meletakkan tanaman ini di sudut rumah bisa memberikan sentuhan elegan pada rumah.

  • Bernilai Investasi

Mengingat harganya yang sedang tinggi dan banyak dicari, memiliki tanaman janda bolong bisa menjadi bentuk investasi. Walaupun begitu, jangan mudah tergiur untuk membeli tanaman ini dengan harga terlalu tinggi. Pasalnya jika janda bolong sudah banyak dibudidayakan, harganya bisa menurun drastis.

Jenis janda bolong dan harganya

  1. Monstera Deliciosa

monstera deliciosa. Jenis tanaman hias yang satu ini bisa tumbuh subur pada suhu 20 sampai 30 derajat celcius, sehingga sangat cocok sekali apabila disimpan di dalam ruangan.

Bentuk dari tanaman hias yang satu ini mempunyai daun yang lebar dengan motif sobekan dari tulang daun sampai dengan tepi daun. Hal tersebut menjadi keunikan tersendiri tanaman yang satu ini.

  1. Monstera Borsigiana

Ukuran daun monstera borsigiana sendiri cendrung lebih kecil serta bebentuk bulat atau oval. Selain itu pada bagian motif sobekkannya sendiri cendrung lebih jarang dibanding dengan deliciosa.

Daun dari borsigiana pun sedikit lebih menjuntai. Apabila tanaman hias yang satu ini dibiarkan tinggi, maka akan memberikan efek teduh pada ruangan.

  1. Monstera Varigeata

Warna daunnya yang unik yakni perpaduan warna antara hijau dan putih terlihat sangat kontras dan epik. Maka tidak heran jika harga dari tanaman hias yang satu ini dibandrol dengan harga yang fantastis.

adansonii mempunyai motif sobekkan berbentuk lubang.

  1. Monstera Adansonii

Secara sekilas, daun monstera adansonii mirip dengan daun sirih. Namun sudah pasti kamu bisa membedakannya, karena daun sirih tidak berlubang pada bagian daunnya.

  1. Monstera Obliqua

Motif lubang obliqua sendiri jauh lebih lebar. Selain itu, tekstur daunnya cendrung tipis dan lembut.

Maka dari itu, untuk penyimpanan jenis monstera yang satu ini perlu hati-hati agar daun tidak sobek.

harga tanaman monstera janda bolong sekitar Rp 3,5 juta sampai Rp 50 juta per tanaman.

Demikian lah artikel tentang JANDA BOLONG subur media air cara tanam dan merawatnya

35090cookie-checkJANDA BOLONG SUBUR MEDIA AIR CARA TANAM DAN MERAWATNYA
Share Yuk!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •