Berwisata di pulau Lombok menjadi keinginan besar bagi wisatawan untuk berkunjung, terutama bagi wisatawan yang berasal dari luar pulau Lombok. Tidak hanya menyuguhkan wisata bahari saja, tetapi juga menyuguhkan wisata religi. Bangunan Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Centre NTB seakan menyempurnakan sebutan kehormatan bagi Lombok sebagai “Island with a Thousand Mosque”.

Masjid Islamic Centre Nusa Tenggara Barat dapat menjadi salah satu destinasi wisata religi yang perlu menjadi daftar tujuan wisata Sobat saat berada di Pulau Lombok. Masjid Islamic centre Mataram sangat ramai pengunjung yang berasal dari wisatawan lokal dan mancanegara.

Masjid Hubbul Wathan tentu memiliki keunikan tersendiri. Memiliki lima menara yang tinggi menjulang membuat berbeda dengan masjid pada umumnya. Jika Sobat mengunjungi Islamic Centre pada malam hari, akan terlihat keindahan lampu yang dalam satu seperkian detik dapat berubah-ubah warnanya.

Selain warna lampu yang beragam, halaman Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Centre sangat indah. Jika Sobat mengunjungi pada sore hari, banyak warga yang datang untuk menikmati keindahan dan berfoto ala masjid Timur Tengah. Madjid ini kerap di datangi oleh Imam besar dari berbagai penjuru dunia ketika bulan Ramadhan.

Kemegahan Islamic Centre NTB

Masjid Megah di Pulau Lombok

Julukan Pulau Seribu Masjid pantas di sandang oleh Lombok. Bangunan yang kokoh dan megah mudah sekali ditemukan di tiap sudut kota. Dari banyaknya Masjid yang ada di Lombok, Masjid Hubbul Wathon memang membuat siapapun akan terkesima. Jangankan dekat, dari jauh saja sudah terlihat megah.

Baca Juga  Berkeliling Seharian di Kota Padang, Sumatera Barat

Lokasi Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Centre berada di Jalan Udayana, Gomong, Selaparang, Kota Mataram. Islamic Center dibangun di atas lahan seluas 7,6 Hektar. Masjid Hubbul Wathan memiliki empat menara yang menjulang tinggi. Satu di antaranya adalah Menara Asmaul Husna dengan tinggi 99 meter. Menara ini bisa digunakan untuk melihat Mataram tanpa ada penghalang.

Bagian bawah menara memiliki luas 16,5 x 16,5 meter dengan empat View Deck yang masing-masing memiliki ketinggian 26 meter persegi, 47,60 meter persegi, 65 meter persegi dan 93 meter persegi. Di deck kelima, yaitu 99 meter yang melambangkan jumlah Asmaul Husna. Untuk dapat tiba di View Deck, Sobat bisa menggunakan lift atau tangga.

Keseluruhan bangunan masjid memiliki tinggi 114 meter yang sengaja dibuat sesuai dengan jumlah surat dalam Al Quran. Di dalam bangunan masjid, ada karpet yang membentang khusus untuk dilewati oleh wisatawan non-Muslim.

Wisatawan non-Muslim yang ingin melihat keindahan arsitektur masjid diharuskan menggunakan pakaian tertutup aurat atau jubah yang telah disediakan. Disediakan tourism zone di lantai tiga sebagai pusat informasi untuk para wisatawan.

Keindahan Terlihat Malam Hari

Arsitek Unik dan Menakjubkan

Masjid yang memiliki kubah serta menara artistik ini sendiri terbilang cukup baru di Pulau Lombok. Bagaimana tidak, pembangunannya saja dimulai sejak tahun 2010 lalu. Berbeda dengan lainnya, desain dari Masjid Hubbul Wathon Islamic Centre NTB ini memang membuat banyak orang terkagum-kagum.

Baca Juga  Tugu Jogja, Landmark Kota Pelajar yang Menyimpan Sejarah

Jangankan kubah, di langit ruangan ini diberikan sentuhan batik dengan warna biru putih menyejukkan. Sementara itu, sekeliling tembok dan tiang di cat dengan warna keemasan. Perpaduan tersebut membuat tempat ibadah ini semakin megah.

Desain unik yang ditawarkan oleh Masjid Islamic Centre ini membuat banyak wisatawan makin ramai berkunjung. Bahkan, banyak wisatawan mancanegara yang terbang jauh hanya ingin melihat keelokan tempat ibadah ini dari dekat. Tidak heran jika pemerintah NTB menjadikan Hubbul Wathan sebagai salah satu wisata religi di Lombok.

Sebagai salah satu landmark di tanah Sasak, Masjid Hubbul Wathan tidak hanya menawarkan keindahan bangunan yang megah. Sobat yang berniat sholat di sini, jangan lupa pula untuk mampir di wisata religi lain, seperti Makam Batu Layar yang tidak terlalu jauh dari Islamic Centre Hubbul Wathan.

Usai puas menikmati keindahan bangunan masjid yang mengagumkan, Sobat bisa melanjutkan perjalanan sambil wisata kuliner yang ada di sekitar Islamic Center. Di sini, Sobat juga bisa membeli cenderamata khas NTB. Nah, Sobat yang berkunjung ke sini tidak hanya bisa beribadah tapi juga hunting foto loh!

Tempat Parkir yang Luas

 

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan di bagikan. Selamat berlibur Sobat dan berkumpul kembali dengan orang-orang terkasih!!

3365cookie-checkIslamic Centre NTB : Kemegahan Icon Kota dan Moslem Friendly Tourism
Share Yuk!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •