Damai dan tenang, itulah yang akan Sobat rasakan ketika pertama kali menginjakkan kaki di Gili Lawang. Suasana alamnya yang hening, gili ini menjadi pilihan yang tepat untuk Sobat yang ingin mencari ketenangan. Gili ini dikelilingi pantai berpasir putih, lautan biru jernih dan terumbu karang yang sangat cantik untuk di lihat. Satu kata untuk gili ini, perfect Sobat!!

Sobat bisa berenang, snorkling maupun diving sepuasnya untuk melihat terumbu karang dan ikan yang warna-warni. Gili ini terkenal dengan wisata ekologi dan karangnya terlihat begitu menakjubkan. Pemandangan sunset sungguh mempesona, sekalinya Sobat datang ke Gili Lawang, dijamin bakalan ngak mau pulang. Yakin deh!!

Gili Lawang merupakan area kawasan konservasi laut daerah yang letaknya di kecamatan Sambelia. Tempat pelestarian dan penelitian sumber daya alam hayati, seperti hutan mangrove, ikan, terumbu karang dan biota lainnya. Gili Lawang seolah belum tersentuh oleh komersialisasi dan kehebohan para wisatawan. Justru keindahan yang masih tersembunyi menjadi daya tarik tersendiri bagi saya.

Saya dan teman-teman mengunjungi Gili ini hari Sabtu, 8 Juni 2019. Berangkat dari rumah pada pukul 11.00 siang dengan membawa perlengkapan kemah, perjalanan menuju dermaga tempat boat yang akan membawa kami ke Gili Lawang sekitar 1.5 jam. Antusiasme kami tidak dapat disembunyikan, kami berangkat 16 orang pakai sepeda motor. Saya pandangi wajah teman saya yang sangat bahagia, tawa canda selalu terukir dalam perjalanan.

Jika Sobat dari pelabuhan Lembar menuju ke Gili Lawang, jarak tempuhnya kurang lebih 120 Km. Kalau Sobat mengemudi dengan kecepatan rata-rata 60 Km/jam, berarti butuh waktu 3 jam untuk sampai ke Gili Lawang. Tidak seperti di Bangsal (pelabuhan penyebarangan menuju Gili Air, Meno dan Trawangan), di Tekalok tidak memiliki perahu motor (public boat) yang memiliki jadwal pemberangkatan setiap hari. Sobat harus menyewa perahu motor untuk menuju ke Gili ini, biayanya Rp. 600.000 PP.

Baca Juga  Tugu Jogja, Landmark Kota Pelajar yang Menyimpan Sejarah
Gerbang Penyebrangan Menuju GIli Lawang
Gerbang Penyeberangan Menuju Gili Lawang
Perahu Yang Membawa Kami ke Gili Lawang
Perahu yang Membawa Kami ke Gili Lawang

Lokasi Gili Lawang

Terletak 3 km di sebelah timur laut pulau Lombok, Gili Lawang merupakan sebuah pulau kecil yang memiliki panjang 3.5 Km. Berjarak 500 meter di sebelah tenggara dari Gili ini, terdapat Gili Sulat. Dari seluruh luas permukaan Gili, 90% tertutup oleh hutan mangrove dan 10% daratarn yang tersisa. Sobat bisa mendengar kicauan berbagai jenis burung. Uniknya, wujud dari burung yang ada tidak pernah terlihat karena bersembunyi di balik lebatnya hutan bakau. So, sekali mendayung, 2 Gili bisa Sobat kunjungi!!

Gili Lawang dan Gili Sulat dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit dari Desa Sambelia dengan menggunakan perahu. Jika Sobat ingin berkunjung ke Sambelia, dapat dicapai dengan transportasi laut dan darat melalui jalur Utara dan Selatan, yaitu:

  1. Jalur dari arah Selatan
  • Dari Mataram, menempuh waktu sekitar 3 jam
  • Dari Kuta menempuh waktu sekitar 2 jam
  • Dari Senaru menempuh waktu sekitar 1 jam
  1. Jalur dari arah Utara
  • Dari Senggigi menuju Desa Sambelia kurang lebih 100 Km dengan waktu sekitar 2.5 jam
  • Dari Gili Indah menggunakan perahu sekitar 2.5 jam

Kawasan ini mempunyai potensi wisata alam berupa pantai pasir putih, mangrove dan ekosistem terumbu karang loh!! Sobat juga bisa melakukan atraksi berupa renang, snorkling, berjemur (sun bathing), dayung (boating) dan camping. Perlu Sobat ketahui, Desa Sambelia terdapat pulau yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri, diantaranya:

  • Gili Petagan dan Gili Lampu, memiliki pantai berpasir putih dan terumbu karang dengan jenis ikan hias
  • Gili Lawang dan Gili Sulat, memiliki hutan mangrove sangat luas beserta beberapa biota menarik di dalamnya.
  • Gili Bidara, memiliki terumbu karang yang sangat bagus
  • Gili Perama dan Gili Kapal, memiliki pantai yang bersih, pasir putih, lokasi untuk renang dan berjemur.
Baca Juga  Spot Sunrise di Lombok yang Wajib Anda Kunjungi, Romantis dan Indah Banget!!

Mengabadikan Moment Bersama Saat Sampai di Gili Lawang

 

Aktivitas di Gili Lawang

Banyak wisatawan datang hanya untuk melakukan explorasi alam bawah laut dengan menyewa perahu. Spot yang sering dikunjungi tepat di antara kedua Gili ini yang memang kondisi airnya lebih tenang. Gili Lawang menyajikan keindahan terumbu karang dan berjuta ikan laut penuh dengan warna-warni. Tidak heran, banyak wisatawan datang dan ingin kembali lagi.

Di Gili ini, Sobat bisa berenang sepuasnya. Melihat air laut yang jernih dengan ombak yang tenang pasti membuat ingin langsung menceburkan diri. Kesegaran air laut memang memiliki sensasi tersendiri. Sobat juga perlu berhati-hati, jika tidak bisa berenang lebih baik untuk tidak terlalu jauh dari bibir pantai. Untuk tambahan, Sobat bisa mengoleskan tabir surya agar kulit tidak terbakar matahari saat berenang maupun menghabiskan waktu saat terik matahari.

Selain berenang, Sobat bisa melakukan aktivitas snorkling. Keindahan wisata bawah air di sini tidak kalah indah loh Sobat dengan Gili Trawangan. Kabar baiknya, cukup dengan Rp. 250.000 per orang include makan, alat snorkling dan boat, Sobat bisa menikmati keindahan bawah laut yang mungkin tidak pernah disaksikan sebelumnya. Segera buat rencana liburan ke Gili Lawang dan Gili Sulat ya Sobat!!

Selain bisa menikmati aktivitas berenang dan snorkling, Sobat juga dapat memilih untuk berkemah serta menjelajahi Gili ini lebih lama. Di Gili ini, dapat mendirikan tenda untuk berkemah dan menikmati malam yang indah dengan cahaya api unggun. Sobat juga bisa menikmati ikan bakar untuk makan malam jika dapat memancing. Tidur di tenda-tenda saat berkunjung ke Gili memberikan pengalaman tak terlupakan yang luar biasa Sobat!!

Baca Juga  Wow!! Keindahan Ini Hanya Bisa Anda Jumpai di Gunung Rinjani
Menikmati Malam yang Indah Dengan Cahaya Api Unggun

 

Kenangan indah alam laut dan ke-eksotikan hutan mangrove Gili Lawang akan tetap membekas di hati. So, kalau Sobat pengen explore Lombok Timur, jangan lupa buat mampir ke Gili Lawang ini ya!! Dijamin bakal jatuh cinta.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan di bagikan. Selamat berlibur Sobat dan berkumpul kembali dengan orang-orang terkasih!!

3289cookie-checkGili Lawang, Pesona Keindahan Tersembunyi nan Asri di Pulau Lombok Bagian Timur
Share Yuk!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •