Gili Kondo

The Private Island

Selain populer dengan sebutan Pulau Seribu Masjid, Pulau Lombok sudah terkenal dengan keindahan alam yang eksotis dan mempesona. Salah satunya adalah Gili Kondo yang berada di sebelah timur Pulau Lombok.

Butiran pasir bak merica itu terasa hangat, menenggelamkan sejenak telapak kaki di hamparan pasir berwarna putih gading seperti sedang terapi. Telapak kaki terasa rileks seolah dipijat di dalam timbunan pasir. Tak hanya itu saja, pantai yang landai dengan air yang bening di bawah langit biru terang, membuat segala kepenatan hilang disapu angin laut.

Gili Kondo relatif tidak terlalu terkenal dibanding dengan Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Gili Air dan Gili lainnya. Tak heran, jika Gili ini sepi dari pengunjung dan masih asri. Kalau pun ada pengunjung, hanya warga lokal dan beberapa wisatawan mancanegara saja. Alamnya yang masih segar dan menawarkan sejuta kejutan bagi siapa saja yang datang. Bahkan pulau ini bisa terasa menjadi milik pribadi.

Selama dalam perjalanan menuju lokasi, sebaiknya jangan pernah memejamkan mata, terutama saat penyeberangan sudah hampir mendekati. Silahkan melihat ke bawah laut atau di sisi kiri kanan perahu, keindahan alam bawah laut akan memanjakan mata anda dengan jernihnya air laut dengan terumbu karang yang berwarna warni dan ikan ikan hias yang berkeliaran bebas di sekitarnya. Jangan lupa bawa camera underwater untuk mengabadikan nuansa bawah laut yang indah ini.

Baca Juga  Candi Borobudur, Candi Budha Terbesar yang Memikat Hati

 

Akses Menuju Lokasi

Pulau Lombok tidak terlalu luas, tapi tidak terlalu kecil. Biasanya, Mataram menjadi kota pertama dan utama ketika orang menginjakkan kaki ke Lombok. Padahal, kalau dari Bandara jauh lebih dekat ke Praya, sebuah Ibu kota dari kabupaten Lombok Tengah dari pada ke Mataram. Dari Mataram bisa memilih untuk mencharter mobil sehari dikenakan Rp 350.000 sampai Rp. 400.000 per mobil tanpa bensin atau menggunakan kendaraan umum.

Untuk menuju gili ini, dari Kota Mataram, kamu harus menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 2 jam menuju Dusun Padak Luar, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Setelah menempuh perjalanan darat, selanjutnya kamu harus menempuh perjalanan laut dengan perahu (boat) selama kurang lebih 20-30 menit untuk dapat tiba di Gili Kondo.

Kamu tidak usah khawatir dengan masalah sewa-menyewa perahu, karena di tempat penyebrangan menuju Gili Kondo, banyak perahu yang siap mengantar. Per orang akan dikenakan biaya Rp 25.000 untuk pulang pergi dengan kapasitas perahu sekitar 10-12 orang.

Menuju ke Gili Kondo
Perjalanan Menuju ke Gili Kondo

Suasana Gili Kondo

Jalan-jalan ke Gili Kondo, kamu bisa menjajal berbagai kegiatan lain seperti camping dan snorkeling. Di sini merupakan spot berkemah yang ramah karena pihak pengelola juga telah menyediakan peralatan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jalanan menuju pulau surga yang tersembunyi ini terbilang mulus. Meski tidak terlalu lebar, namun aspalnya licin dan diapit pepohonan rindang di samping kiri kanan jalan. Kondisi jalanan yang sepi dari lalu lalang kendaraan, membuat siapapun yang melalui jalanan ini merasakan kenyamanan, kesejukan, dan ketenangan.

Baca Juga  7 Tips Traveling Saat Ramadhan Tanpa Hambatan Menjalankan Puasa

Hamparan pasir putih ditepian pantainya memberikan nuansa yang hangat dan romantis. Air lautnya sangat jernih dan menyejukkan mata dengan refleksi biru langit yang cantik. Jika ingin sekedar menenangkan pikiran yang penat, mendatangi pulau kecil di sisi timur yang satu ini bisa menjadi solusi yang sangat tepat. Panorama yang terbingkai dengan sempurna menjadikan siapapun berkunjung ke pulau ini akan merasakan kedamaian.

Kegiatan lain yang bisa kita lakukan untuk menikmati adalah dengan snorkeling. Kegiatan melihat pemandangan bawah laut ini memang tidak pernah membosankan. Terlebih di gili ini kondisi perairannya juga cukup tenang. Disamping itu, air laut yang jernih membuat visibilitas bawah laut menjadi lebih jelas. Di gili ini ada berbagai biota laut yang bisa dilihat dengan jelas mulai dari ragam spesies ikan sampai terumbu karang yang sehat.

Gili Kondo memiliki banyak keistimewaan yang sulit untuk ditolak. Siapapun yang datang ke pulau kecil yang satu ini selalu ingin kembali suatu hari nanti. Kondisi pulau ini yang lebih damai dan tenang membuatnya menjadi incaran wisatawan terutama yang berasal dari perkotaan dan luar negeri.

Menikmati Air Jernih Gili Kondo
Menikmati Air Jernih Gili Kondo
Menikmati Fajar di Gili Kondo
Menikmati Fajar di Gili Kondo

 

Kalau kalian pengen explore Lombok Timur, jangan lupa buat mampir ke Gili Kondo ini ya guys! Dijamin bakal jatuh cinta. Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social dibawah ini. Terima Kasih.

2451cookie-checkGili Kondo, Surga Tersembunyi nan Asri di Pulau Lombok Bagian Timur
Share Yuk!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •