Traveling bagi saya bukanlah sekedar berkunjung ke suatu tempat, melainkan proses belajar yang menyenangkan. Melakukan traveling tidak harus bersama teman dan orang terdekat saja. Sobat bisa juga melakukan traveling sendiri tanpa harus ditemani oleh siapapun. Traveling sendirian sering orang katakan dengan nama solo traveling.

Sobat akan menemukan jati diri sendiri melalui traveling sendirian yang selama ini mungkin tertutupi oleh kesibukan. Berpergian tanpa orang lain akan dapat memberikan kebebasan dan mampu membentuk pribadi menjadi lebih mandiri serta percaya diri.

Saya pun pernah merasakan menjadi seorang solo traveler di Malaysia dan Singapura. Saat itu, saya terpilih menjadi perwakilan mahasiswa untuk mengikuti International Forum for Business Economics Advancement and Strategic Management selama 2 hari.

Apakah Sobat pernah melakukan solo traveling? Jangan ngaku traveler sejati kalau belum pernah merasakan sensasi traveling sendiri!! Mau tahu alasanya kenapa? Sensasinya jelas beda banget ketika traveling rama-rame. Mau tahu, yuk simak disini!!

 

Bebas Menentukan Arah Tujuan

Solo traveling memiliki sensasi yang luar biasa. Sobat bakal merasakan yang namanya bebas-sebebasnya tanpa ada yang menghalangi mau kemana. Hanya dengan traveling sendiri, jiwa dan raga akan benar-benar bebas.

Jika Sobat tidak senang dengan 1 tempat, bisa langsung pergi. Ingin istirhat dan menikmati pemandangan, bisa berhenti tanpa ada paksaan. Semua pilihan itu bisa Sobat lakukan tanpa perlu berkompromi dengan siapapun jika solo traveling.

Dengan solo traveling, Sobat tidak perlu memikirkan orang lain. Kapan harus berhenti, kapan harus lanjut, mau pergi kemana dan semua itu pilihan diri sendiri. Saya lebih suka memilih pergi ke alam bebas sambil memikirkan banyak hal. Sekarang Sobat bisa menentukan sendiri arah tujuan travelingnya.

Baca Juga  Berkeliling Seharian di Kota Padang, Sumatera Barat

Sesuka Hati Memilih Tempat Liburan

Kebebasan Mengikuti Keinginan Diri Sendiri

Kadang seseorang merasa lebih nyaman dengan dirinya sendiri. Di sela kesibukan dan rutinitas, Sobat butuh waktu juga untuk sendiri walaupun beberapa menit. Di kala Sobat melakukan solo traveling, bisa merasakan quality time yang sangat berharga.

Sobat bisa sejenak untuk melepas penat kerja, bisa me-recharge energi baru yang selama ini habis terkuras, baik karena emosi, kerjaan menumpuk dan lain sebagainya. Dengan solo traveling, Sobat akan punya banyak waktu luang dalam menjernihkan pikiran, intropeksi hingga memulihkan tenaga dan pikiran tanpa gangguan siapapun.

Quality Time Melepas Penat
Quality Time Melepas Penat

 

Lebih Mengenal Diri Sendiri

Mau tahu aslinya Sobat kayak gimana? Coba deh melakukan solo traveling. Sobat bakal mengetahui dan sadar tentang arti sebenarnya sifat yang Sobat miliki. Sobat juga bisa berpikir tentang sifat baik dan sifat buruk yang dimiliki dalam diri sendiri serta mulai untuk merubahnya.

Ini alasan saya menjalani solo traveling ke sejumlah daerah yang ada di Indonesia. Dengan melakukan traveling sendiri, Sobat akan di paksa keluar dari zona nyaman. Harus menghadapi segala yang terjadi hanya seorang diri. Ini momen yang sangat cocok untuk intropeksi diri.

Momen Intropeksi Diri

Melatih Kesabaran

Saat Sobat traveling sendirian, bukan tidak mungkin secara tidak langsung akan melatih kesabaran. Di saat dalam kondisi mendesak, tidak ada keluarga dan teman, disinilah Sobat akan belajar menjadi pribadi yang lebih sabar. Bersabar memang sesuatu hal yang sulit dilakukan jika Sobat tidak melatihnya.

Saya telah membuktikan ketika melakukan solo traveling ke Singapura, saat itu bertepatan dengan datangnya malam tahun baru. Tapi apa mau dikata, saya terdampar di kantor imigrasi. Pupus sudah harapan saya untuk menyaksikan perayaan malam tahun baru di Merlion Park. Dari sini saya mulai belajar arti dari sebuah kesabaran. Tidak mudah memang untuk melatih kesabaran dalam menghadapi sesuatu.

Baca Juga  Kilometer Nol Indonesia: Memandang Keindahan Samudra Hindia

Melatih Kemampuan Beradaptasi

Solo traveling bikin Sobat belajar beradaptasi dengan orang-orang baru dan lingkungan baru. Ini pasti sangat bermanfaat buat Sobat dalam keseharian. Seorang yang solo traveling ngak akan pernah merasa sendiri jika berani berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang baru di temui.

Dari semua pengalaman yang Sobat dapat selama traveling sendiri, bisa mendapatkan perspektif baru yang sangat berguna dalam keseharian. Perbedaan tingkah laku dan pola pikir masyarakat secara umum tentu akan merubah pandangan Sobat dalam banyak hal.  Bisa jadi tidak hanya bertemu dengan teman baru, tapi juga belahan jiwa!!

Bersama Wisatawan Eropa
Bersama Wisatawan Eropa

Menemukan Banyak Teman Baru

Saat melakukan traveling sendirian, Sobat akan menemukan hal yang tak biasa. Sobat bisa bertemu dengan orang baru juga melakukan traveling sendirian. Bukan hal yang mustahil nantinya teman baru tersebut bisa sebagai teman akrab bahkan sarana untuk silaturrahmi untuk kedepan.

Sobat bisa belajar dari pengalaman hidup orang yang baru ditemui. Saat teman bertambah, itu artinya Sobat akan menyadari bahwa dunia itu sangat luas dan ada banyak hal lagi yang harus di ketahui lebih.

Bertemu Dalam Hotel yang Sama
Bertemu Dalam Hotel yang Sama

Menjadi Lebih Mandiri dan Bertanggung Jawab

Sobat wajib mencoba untuk solo traveling untuk belajar lebih bertanggung jawab dalam kehidupan. Hidup sendirian meski selama beberapa hari bahkan bulan, akan mengajarkan Sobat arti efisien dalam mengatur waktu dan keuangan. Untuk jangka panjang, hal ini akan membuat Sobat bisa membuat keputusan yang tepat dalam waktu singkat.

Saat melakukan traveling sendirian, Sobat akan menyadari bahwa tidak akan ada kesempatan bermanja dan menggantungkan diri kepada orang lain. Semuanya harus Sobat putuskan dan lakukan sendiri. Dituntut lebih bertanggung jawab terhadap diri sendiri.

Baca Juga  Masjid Raya Baiturrahman, Bentuk Nusantara Berpadu Nuansa Timur Tengah

Menjadi Sosok Tangguh dan Pemberani

Jika Sobat telah berani memutuskan untuk melakukan traveling sendiri dengan segala resiko yang diterima, itu artinya Sobat telah belajar menjadi sosok yang lebih tangguh dan pemberani. Pada awalnya memang Sobat akan merasa ketakutan untuk traveling sendirian, saat keberanian itu datang, semuanya akan berubah menjadi perjalanan yang sangat meyenangkan.

Solo traveling membentuk dan melatih rasa percaya diri Sobat walaupun tidak ada satu pun teman di sekeliling Sobat. Makin percaya diri dan berani untuk berkomunikasi sama orang yang baru ditemui. Mulailah untuk berpikir menjadi seorang yang tangguh dan pemberani dari sekarang.

Sama-Sama Suka Traveling
Sama-Sama Suka Traveling

Peka dan Menghargai Lingkungan Sekitar

Traveling sendirian malah membuat Sobat ngak peka dari lingkungan sekitar? Jangan sampai ya Sobat!! Ketika akan melakukan solo traveling, justru mau tidak mau otomatis harus lebih memperhatikan keadaan sekitar, selain memperhatikan barang milik sendiri.

Berinteraksi dengan orang baru dikenal tentunya akan membuat Sobat lebih menghargai lingkungan sekitar. Selalu waspada terhadap kejadian dan kondisi tak terduga saat terjadi begitu saja. Peduli dengan keadaan di sekeliling Sobat bisa membuat tetap merasa aman dan nyaman selama melakukan solo traveling.

 

Banyak hal menarik yang bisa Sobat dapatkan jika melakukan traveling sendirian. Mulai dari pengalaman baru, teman baru sampai wawasan baru. Sekarang, giliran Sobat yang masih ragu untuk solo traveling. Percayalah Sobat, liburan bakal lebih seru!!

Sobat punya pengalaman menarik selama melakukan solo traveling? Sobat bisa share di kolom komentar ya!! Untuk yang belum pernah mencoba solo traveling, sudah saatnya untuk mulai mencoba!!

Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social dibawah ini. Selamat berlibur Sobat!!

3200cookie-check9 Alasan Kenapa Sobat Harus Mencoba Solo Traveling
Share Yuk!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •