Aktivitas traveling merupakan salah satu alternatif mencari hiburan dan merileksasikan pikiran setelah bergelut dengan aktivitas sehari-hari. Walaupun Sobat menjalankan puasa, tapi hasrat untuk berlibur masih tak terbendung, jangan jadikan puasa sebagai alasan tidak bisa pergi kemana pun. Tenang! Saya akan memberikan tips traveling agar tetap asik meski berpuasa.

Tidak mudah memang traveling sambil menahan haus dan lapar yang sangat menguras tenaga. Mengunjungi berbagai tempat dan melakukan berbagai macam aktivitas tentu akan menguras tenaga yang tidak sedikit. Nah, inilah tips traveling saat ramadhan agar berjalan dengan baik tanpa mengganggu puasa Sobat semua!!

Buat Itinerary yang Jelas

Sobat perlu tahu, hal terpenting selama traveling saat puasa adalah kenyamanan diri sendiri. Jangan paksakan diri untuk melakukan aktivitas yang berat, itu justru akan menguras tenaga terlalu banyak. Buatlah itenerary sebijak mungkin Sobat.

Sobat perlu mempertimbangkan pilihan transportasi yang akan dipakai harus se-nyaman mungkin. Bisa pakai taksi online dari pada Sobat harus berpanas-panasan naik sepeda motor. Begitu juga dengan penginapan, pilihkan yang akan membuat Sobat merasa nyaman saat beristirahat.

Photo via bartzap.com
Photo via bartzap.com

 

Dapatkan Informasi Destinasi Tujuan

Sebisa mungkin buat list sebelum Sobat berangkat liburan. Sobat juga harus mengetahui semua hal tentang destinasi yang akan di kunjungi. Sebaiknya Sobat pilih lokasi wisata yang Muslim friendly, karena suasana puasa akan lebih terasa nikmatnya. Makanan dan minuman halal akan sangat mudah di temukan dan juga tempat ibadah sangat mudah di jumpai.

Baca Juga  9 Tempat Wisata di Lombok yang Sangat Anda Butuhkan Untuk Mendamaikan Ingatan

Ini yang sangat penting, perhatikan jadwal perjalanan dan waktu-waktu krusial pada saat iftar, siang hari dan sahur. Jangan lakukan perjalanan yang menguras tenaga di waktu siang hari karena akan berdampak kelelahan dan lemas saat berpuasa. Sobat bisa mulai menjelajahi tempat wisata waktu menjelang sore hari, lebih asyik dan sambil ngabuburit.

 

Hindari Tempat Wisata Ekstrim dan Panas

Sobat hendaknya menyadari bahwa energi tidak akan seprima seperti biasa saat berpuasa. Sobat hindari melakukan traveling ke tempat wisata yang memiliki medan ekstrim. bisa-bisa Sobat puasanya akan batal puasanya karena tidak kuat dengan panas matahari dan jalanan menanjak.

Trekking melintasi bebatuan dan mendaki gunung sangat tidak disarankan ya Sobat saat berpuasa. Aktivitas ekstrim di khawatirkan membuat puasa Sobat terganggu karena tenaga bisa terkuras habis. Sobat bisa mengganti dengan melakukan city tour, pergi ke museum, kebun binatang, dan lain sebagainya.

Photo via limakaki.com

 

Menyiapkan Makanan dan Minuman di Dalam Tas

Sebotol air putih dan cemilan saat traveling tetap perlu Sobat bawa meski sedang berpuasa. Ini untuk mengantisipasi jika Sobat harus berbuka puasa di dalam perjalanan. Ini juga penting apabila Sobat berencana traveling ke daerah perdalaman maupun negara lain yang jarang menyediakan makanan halal.

Pilihlah menu makanan dan minuman yang praktis, asal bisa kenyang. Roti, susu dan biskuit sebagai opsi terbaik yang Sobat bisa pilih. Dengan cara ini, Sobat bisa segera untuk membatalkan puasa dan mengganjal rasa lapar serta haus sembari mencari tempat makan yang sesuai dan halal.

Baca Juga  Gili Lawang, Pesona Keindahan Tersembunyi nan Asri di Pulau Lombok Bagian Timur

 

Packing Barang Bawaan Dengan Efektif dan Efisien

Cara yang paling sederhana adalah Sobat harus membawa barang bawaan yang ringkas dan tidak merepotkan diri sendiri selama traveling saat puasa. Dengan light packing, perjalanan Sobat akan terasa semakin ringan dan enteng. Saat packing, usahakan bawalah barang seperlunya saja, seperti dompet, dokumen penting, kamera dan pakaian yang dibutuhkan saja.

Sobat juga bisa membawa tas kecil maupun ransel digunakan saat berlibur. Sobat tidak perlu membawa koper ke semua tempat tujuan wisata. Dengan cara ini, Sobat bisa mengurangi resiko berbahaya ketika membawa barang yang berlebihan.

 

Persiapkan Fisik

Jauh sebelum berangkat traveling, Sobat harus persiapkan fisik dengan istirhat yang cukup. Bila perlu, Sobat lakukan olahraga ringan seperti stretching di malam hari sebelum tidur. Ini sangat bermanfaat terhadap fisik Sobat saat traveling nantinya.

Selama traveling, istirhat lah yang cukup apabila tubuh Sobat mulai memberikan sinyal kelelahan. Bisa dilakukan setelah menunaikan ibadah shalat. Sobat bisa cari tempat ibadah yang memiliki pendingin udara, sehingga suhu tubuh yang panas dapat kembali sejuk dengan berdiam diri selama beberapa menit.

Photo via www.viapendaki.com
Photo via www.viapendaki.com

 

Siapkan Nutrisi yang Cukup

Bagi Sobat yang memilih tidur dari pada untuk makan, ternyata sahur tidak boleh dilewatkan lho. Sobat harus mempunyai energi yang cukup sampai waktu berbuka puasa tiba, salah satunya dengan sahur. Usahakan konsumsi makanan yang bergizi dan minuman sehat penuh nutrisi. Usahakan jangan minum kopi ataupun teh saat sahur, akan memicu keseringan buang air kecil yang membuat Sobat mudah haus. Solusinya, perbanyak minum air putih dan susu aja ya Sobat!

Baca Juga  Tugu Jogja, Landmark Kota Pelajar yang Menyimpan Sejarah

Jangan biarkan tubuh Sobat lemas dalam perjalanan. Jangan sampai sahur kebanyakan, jangan pula terlalu sedikit dan harus tetap berimbang ya Sobat. Kalau tubuh Sobat fit dan bugar, traveling saat puasa pasti akan lancar. Terpenting asupan gizi tercukupi, masa lagi jalan-jalan terus lemas? Jangan sampai ya Sobat.

Makanan dan Minuman Bernutrisi Untuk Tubuh
Makanan dan Minuman Bernutrisi Untuk Tubuh

 

Nah, itulah beberapa tips traveling saat puasa dari saya. Walaupun jelas ada tantangan, tetapi memiliki hikmah yang tak kalah penting, yaitu agar Sobat tetap aktif di bulan Ramadhan. Dengan persiapan yang matang, traveling saat puasa bisa berjalan dengan lancar.

Jangan jadikan puasa sebagai halangan untuk tidak pergi kemana-mana ya Sobat! Lalu, apa tips traveling versi Sobat selama menjalankan puasa? Sobat bisa share di kolom komentar ya!! Semoga perjalanan traveling selama puasa bisa berjalan sesuai keinginan ya Sobat!!

Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social dibawah ini. Selamat berlibur Sobat dan berkumpul kembali dengan orang-orang terkasih!!

32251cookie-check7 Tips Traveling Saat Ramadhan Tanpa Hambatan Menjalankan Puasa
Share Yuk!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •