Puasa baru hari ke-6 sudah ngomongin lebaran? Jangan salah Kawan, di Indonesia untuk persiapan mudik sudah harus dilakukan sejak jauh hari. Termasuk mencari tiket pesawat murah, kalau tidak bisa-bisa kehabisan tiket pesawat. Kalaupun ada, harganya sangat mahal.

Tiket pesawat murah selalu menjadi incaran orang banyak yang akan berpergian dan saat mudik lebaran. Bagaimana tidak? Jika berhasil medapatkan tiket murah, bisa lebih berhemat dan menggunakan sisa uang untuk keperluan lainnya, bisa untuk oleh-oleh maupun menjadi tabungan masa depan.

Mudik lebaran biasanya menjadi momen yang sangat ditunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia saat menjelang Lebaran. Khususnya bagi mahasiawa maupun orang yang sedang bekerja di daerah lain. Pada kesempatan tersebut, masyarakat bisa meluangkan waktunya untuk bertemu keluarga dan merayakan hari kemenangan secara bersama-sama.

Masyarakat Indonesia yang berdomilisi di kota-kota besar ternyata memiliki kebiasaan memesan tiket pesawat mendekati Lebaran. Beberapa diantaranya bahkan membeli tiket pesawat menuju kampung halaman pada tujuh hingga sehari jelang lebaran, sehingga harganya akan melambung tinggi.

Lalu, bagaimana cara untuk mendapat tiket pesawat dengan harga yang cukup terjangkau, tapi waktu untuk mudik sudah sangat dekat? Membeli tiket pesawat memang kadang bikin deg-degan, belum lagi memikirkan cara untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Sobat bisa mencoba tips dan trik berikut dari saya jika ingin mendapat tiket murah.

Baca Juga : Tips Traveler Kalau Mau Liburan yang Nyaman

 

Follow Akun Media Sosial Maskapai Penerbangan

Bila mengikuti akun media sosial dan aktif di dunia maya, ternyata bisa menguntungkan. Media sosial yang harus di pantau adalah milik OTA, bank dan maskapai. Ketiga dari media sosial ini bisa menawarkan promo tiket yang menarik, salah satunya memberikan harga tiket pesawat murah dengan potongan yang ekstra.

Baca Juga  7 Tips Liburan Murah dan Bermanfaat Jika Sobat Bosan di Rumah

Agar tidak melewatkan informasi promo berharga ini, wajib follow akun media sosial, baik di Facebook, Twitter dan Instagram. Jangan lupa juga untuk sign up newsletter agar dapat menerima email pemberitahuan ketika promo dimulai.

Pantau Melalui Media Sosial
Pantau Melalui Media Sosial

Gunakan Situs Agregator

Sobat bisa menggunakan situs agregator khusus tiket pesawat untuk membandingkan harga tiket dari berbagai situs pemesanan yang ada. Aplikasi yang pertama kali akan saya kunjungi adalah Traveloka (favorit saya), kemudian bisa juga Tiket.com, Tokopedia, Bukalapak dan yang terakhir saya buka adalah Nusatrip.

Terkadang, harga tiket pada situs resmi maskapai penerbangan malah lebih mahal dibandingkan dengan harga pada situs penjualan pihak ketiga. Dengan situs agregator, Sobat bisa melihat situs mana yang menjual tiket pesawat dengan harga paling murah.

Untuk meyakinkan, Sobat bisa kembali memeriksa harga tiket pada situs resmi maskapai dalam memastikan harganya lagi.

Pilih Salah Satu
Pilih Salah Satu

 

Memanfaatkan Bandara Transit

Apa maksudnya dari bandara transit? Mudahnya begini, Indonesia berada tidak jauh dari Singapore dan Malaysia, negara yang memiliki bandara internasional selalu menjadi tempat favorit transit penerbangan jarak jauh. Banyak traveler menggunakan tips ini dan saya juga pernah melakukannya.

Hal ini diperlukan untuk perbandingan antara rute pesawat secara langsung dan rute pesawat yang harus transit. Kelebihan rute langsung adalah waktu tempuh yang akan lebih singkat dari pada menggunakan rute transit. Untuk masalah harga bisa Anda bandingkan, semisal Anda akan menuju Medan dari Yogyakarta.

Ada rute langsung dari Yogyakarta menuju Medan dan ada rute transit Yogyakarta ke Jakarta terlebih dahulu baru ke Medan. Kalkulasikan jumlah keduanya, manakah yang lebih murah dengan mempertimbangkan waktu perjalanan yang anda perlukan. Jika dibandingkan, harganya bakal lebih murah jika dibandingkan dengan membeli tiket secara langsung.

Salah Satu Trik Mendapatkan Tiket Pesawat Murah
Salah Satu Trik Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

 

Memilih Maskapai Penerbangan yang Sesuai

Kalau jarak pemesanan dengan waktu keberangkatan cukup jauh, maskapai Low Cost Carrier punya harga cenderung lebih murah, misalnya dalam hitungan bulan. Tetapi kalau pesan tiket beberapa hari atau hitungan sepekan sebelum keberangkatan, harganya bisa bikin pusing.

Baca Juga  5 Tips Liburan Aman dan Nyaman Tanpa Beban Titipan Souvenirs

Salah satu maskapai dengan Low Cost Carrier yang paling cepat berubah harganya dalah Lion Air, bisa berganti harga tiap 2-3 jam sekali. Namun, maskapai full service biasanya menggunakan sistem year round fare, jadi harga tiketnya tidak jauh berubah.

Pilihan Ada di Tangan Sobat
Pilihan Ada di Tangan Sobat

 

Perhatikan Waktu Pembelian Tiket Pesawat

Setiap hari memang sama, tidak ada yang lebih baik dan lebih buruk. Namun, dalam membeli tiket pesawat, kita wajib memperhatikan hari-hari tertentu. Tentu membeli tiket di akhir pekan akan terasa mencekik bila dibanding hari lainnya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa tiket pesawat akan melambung tinggi pada akhir pekan dikarenakan banyak orang yang memesan di hari tersebut.

Pastikan Anda memilih waktu terbang yang tepat. Selain akhir pekan dan momen liburan, hari senin juga harga tiket pesawat lebih mahal. Banyak orang melakukan perjalanan bisnis pada awal pekan. Jika Anda harus berpergian pada salah satu waktu diatas, pemilihan jam penerbangan yang tepat adalah langkah bijak mendapatkan tiket pesawat murah.

Akan sangat tepat apabila Anda memilih jam terbang paling awal, paling pagi dan bisa juga paling malam. Karena harga tiket pesawat pada jam seperti ini akan lebih murah dari pada jam sibuk antara pagi dan sore hari. Hari Selasa dan Rabu memiliki rate harga yang lebih rendah. Inilah cara mencari tiket pesawat murah yang perlu Anda ingat.

Waktu Terbaik Membeli Tiket Pesawat
Waktu Terbaik Membeli Tiket Pesawat

Pesan Tiket Perorangan

Pembelian tiket pesawat secara kelompok  biasanya akan menaikkan harga tiket pesawat dalam sistem pembelian online. Terkadang tiket promo yang disediakan memiliki kuota tertentu, jika jumlah pemesan melebihi kuota Anda akan diberikan harga non-promo. Hal ini dikarenakan Anda memerlukan tempat duduk yang berurutan dengan teman seperjalanan Anda.

Coba bandingkan ketika Anda memesan sendiri untuk 4 tiket pesawat, kemudian coba bersama ketiga rekan Anda membuka sendiri pada komputer masing-masing. Memang memesan tiket perorangan ada kemungkinan mendapatkan kursi yang terpisah, namun dengan memesan dalam waktu yang bersamaan maka Anda akan bisa memperbesar kesempatan untuk mendapatkan tempat duduk yang berurutan

Baca Juga  7 Tips Traveling Saat Ramadhan Tanpa Hambatan Menjalankan Puasa

Pilih Jasa Online Travel Agency yang Tepat

Online Travel Agency (OTA) mempunyai strategi yang cukup berbeda untuk menarik konsumen yang ingin berpergian menggunakan pesawat. Bukan rahasia lagi, saat ini jumlah OTA semakin menjamur khususnya di Indonesia.

Lalu, bagaimana cara menentukan OTA yang baik? Pertama, cek dari sisi kredibilitasnya. Bisa dengan googling dan coba lihat apakah ada informasi yang mencurigakan atau tidak. Kedua, pilih OTA yang memiliki sistem keamanan yang terpercaya, salah satunya adalah adalah favorit saya, yaitu Traveloka. Ketiga, pilih yang menawarkan harga sportif. Jangan tergiur dengan harga murah di awal pencarian, tapi akhirnya banyak biaya tambahan yang tersembunyi.

Anda sangat diharuskan untuk memilih maupun memilah program yang mereka tawarkan jelang hari Lebaran, sehingga mendapatkan tiket pesawat termurah. OTA memang dikenal mampu menawarkan tiket pesawat murah meskipun ramai peminat dibanding bila Anda memesan tiket pesawat secara konvensional.

 

Tips Mudik Lancar Menggunakan Pesawat

  1. Siapkan tiket, boarding pass dan tanda pengenal di tempat yang aman, tapi mudah diambil.
  2. Jika membawa barang berharga maupun surat penting, masukkan ke dalam tas yang dibawa ke kabin.
  3. Tibalah di bandara selambat-lambatnya 2 jam sebelum keberangkatan. Antrian check-in dan security biasa lebih panjang saat musim liburan.
  4. Jika mudik dengan anak kecil, usahakan datang lebih awal lagi karena prosesnya lebih lama.
  5. Simpan resi bagasi baik-baik, sebagai bukti seandainya koper Sobat tertukar maupun tertingggal.
  6. Setelah mendapatkan boarding pass, carilah langsung Gate keberangkatan.
  7. Nikmati perjalanan dan konsumsi air dalam jumlah cukup untuk mencegah dehidrasi.
  8. Saat meninggalkan pesawat, periksa kembali barang bawaan Sobat.

 

Telaten mengamati tren harga dan teliti ketika membayar. Jangan terburu-buru membeli tiket pesawat jika tidak dalam keadaan urgent. Dengan melakukan tips ini, saya yakin Sobat pasti bisa mendapatkan tiket pesawat murah walaupun sedang tidak promo.

Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social dibawah ini. Selamat berlibur dan kumpul bersama keluarga tercinta!!.

3150cookie-check7 Tips Jitu Mendapat Tiket Pesawat Murah H-7 Lebaran
Share Yuk!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •