museum di jakarta tempat rekreasi

7 Pilihan Museum di Jakarta yang Recommendedmuseum di jakarta tempat rekreasi

Terkenal dengan segala hiruk-pikuknya, ternyata Jakarta masih memiliki banyak lokasi sangat erat dengan sejarah. Bukan hanya sebagai ibukota negara, Jakarta diakui ketenaranya dan memiliki jejak sejarah panjang. Keberadaan museum di jakarta bisa untuk belajar hal baru sambil berlibur.

Berwisata tidak harus ke tempat mewah, jauh dan juga modern, namun salah satu opsi terbaik bisa mengunjungi museum di Jakarta. Sepengetahuan Saya, di kota metropolitan tersebut terdapat cukup banyak pilihan yang bisa didatangi.

Tempat rekreasi di jakarta seperti museum di jakarta selatan, museum di jakarta selatan, museum di jakarta pusat. Museum peninggalan belanda di jakarta serta museum nasional indonesia.

 

Beberapa Pilihan Museum di Jakarta

Hampir setiap kota selalu terdapat musem, namun memiliki karakteristik masing-masing. Ini juga pernah Saya alami ketika berkunjung ke salah satu museum di Jakarta. Yaitu:

  1. Museum Nasional / Museum Gajah di jakarta

Saya sempat heran kenapa disebut dengan museum gajah, ternyata usut punya usut karena terdapat iconik patung gajah di depannya. Namun, berbeda jika sudah memasukinya, karena akan disuguhkan dengan banyak prasasti dan juga arca peninggalan zaman kerajaan.

Untuk lokasinya di Jln. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kota Jakarta Pusat. Sebagai orang dewasa, Saya harus membayar tiket sebesar Rp. 5.000. Namun, untuk anak-anak hanya Rp. 2.000 saja. Tempat ini dibukan pada hari Selasa sampai Jum’at Pukul 08:00 – 16:00 WIB dan Sabtu s/d Minggu Pukul 08:00 – 17:00.

  1. Museum Bank Indonesia

Sekilas memang bukan seperti museum pada umumnya, karena Saya juga beranggapan begitu. Jika Kamu ingin mempelajari sejarah keuangan bangsa Indonesia, tempat ini wajib dinomor satukan. Bahkan, di tempat ini juga bisa melihat bagaimana keadaan saat terjadi kriris moneter.

Untuk masuk ke sana, Saya hanya cukup membayar Rp. 5.000 saja. Jika ingin berkunjung, langsung saja ke Jln. Jembatan Batu No.3, Pinangsia, Tamansari, RT.3/RW.6, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat. Pada hari Selasa s/d Jum’at Pukul 07.30 – 15.30 WIB dan Sabtu s/d Minggu Pukul 08.00 – 16.00 WIB.

  1. Museum Fatahillah / Museum Sejarah Jakarta

Berlokasi di Jln. Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, membuat Saya ingin cepat-cepat mengunjunginya. Karena, di dalamnya bisa melihat sejarah kependudukan Belanda saat menjajah Indonesia dan juga terdapat penjara bawah tanahnya.

Jika ingin masuk ke sana, tiket yang diberikan cukup murah yakni, untuk Dewasa Rp. 5.000 dan Anak-anak Rp. 2.000.  Untuk jam operasional Museum Fatahillah pada hari Selasa s/d Minggu Pukul 9.00 – 15.00 WIB.

  1. Museum Wayang

Setelah melihat budaya yang kental di Indonesia, Saya semakin tertarik untuk mempelajarinya lebih dalam. Salah satunya yaitu dengan berkunjung ke Museum Wayang ini. Jika Kamu juga tertarik, silahkan datang langsung ke Jln. Lada No.23, RT.7/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat.

Namun, tempat ini hari Senin tutup dan hanya dibuka pada hari Selasa s/d Jum’at Pukul 09.00 – 15.00 WIB dan Sabtu s/d Minggu Pukul 09.00 – 20.00 WIB. Di dalam museum tersebut, Saya bisa melihat semua koleksi wayang lengkap dengan namanya. Untuk harga tiketnya hanya Rp. 5.000 saja per orang.

  1. Museum Seni Rupa / Museum Keramik

Setelah beranjak dari Museum Wayang, Saya melanjutkan perjalanan ke Jln. Pos Kota, RT.9/RW.2, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jakarta Barat, lebih tepatnya di Museum Seni Rupa. Salah satu keunggulannya yaitu, banyak terdapat batik dari berbagai jenis.

Harga tiket masuk yaitu Rp.5.000 untuk setiap orang, sedangkan jam operasional Museum Keramik yaitu Selasa, Rabu, Kamis dan Minggu pada pukul 09.00-15.00 WIB. Untuk Jumat pukul 09.00 – 14.30 WIB dan Sabtu 09.00 – 12.30 WIB.

  1. Museum Polri

Dengan mengunjungi museum Polri, Saya bisa menyaksikan beraneka ragam sejarah dari kepolisian NKRI. Tempat ini juga cocok dijadikan destinasi wisata bersama anak tercinta, terlebih jika buah hati memiliki cita-cita menjadi seorang Polisi demi menjaga kesatuan Indonesia.

Saya cukup senang ketika mendengar bahwa tidak ada biaya untuk tiket masuknya. Bahkan, jam operasionalnya terbilang cukup panjang, yakni hari Selasa sampai Minggu pukul 09.00 – 16.00 WIB. Sedangkan lokasinya berada di Jln. Trunojoyo No.3, RT.5/RW.2, Selong, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

  1. Museum Layang-Layang

Saat Saya ingin mencari nuansa baru, maka seketika membuka smartphone dan memuliai menuliskan sebuah kata kunci destinasi museum di Jakarta, muncullah banyak pilihan. Namun, terdapat nama “museum layang-layang” yang membuatku penasaran.

Setelah Saya telusuri, ternyata berlokasi di Jln. Haji Kamang No.19, RT.2/RW.1, Pondok Labu, Cilandak, RT.2/RW.10, Pd. Labu, Cilandak, Kota Jakarta Selatan. Di sana, terdapat berbagai macam layang-layang dari beberapa wilayah Indonesia. Harga tiket masuknya hanya Rp. 15.000 dan buka Setiap hari 09.00 – 16.00 (kecuali libur nasional).

Demikian 7 pilihan museum di Jakarta yang sudah Saya kunjungi, semuanya memberi kepuasan tersendiri dengan segala macam keunikan tersendiri. Apakah Kamu berminat? Segera jadwalkan liburanmu mulai dari sekarang.