Tips liburan menjadi penting jika Sobat ingin mengutaman kualitas dari sebuah perjalanan. Liburan merupakan salah satu cara terbaik untuk melepaskan penat dan relaksasi pikiran. Apa jadinya, jika ternyata banyak teman yang meminta untuk nitip oleh-oleh. Malah itu akan menjadi beban pikiran saat berlibur. Kalau yang nitip hanya 1 orang mungkin tidak jadi masalah, tapi kalau yang nitip banyak pasti Sobat akan kerepotan juga akhirnya.

Seandainya teman yang nitip mintanya ribet, Sobat belum tahu lokasi untuk membeli oleh-oleh, wah itu bisa jadi Liburan Sobat tak lagi terasa menyenangkan. Berlibur di dalam maupun ke luar negeri makin lengkap dengan berburu souvenirs. Bagi para traveler yang ingin lebih santai berlibur tanpa beban titipan souvenirs, ada sejumlah tips dari saya untuk Sobat yang sungkan mau menolak.

Sebelum kesal sendiri dan galau, mending ikuti beberapa tips liburan cerdas dari saya berikut ini!!

Berangkat Secara Diam-Diam

Jika Sobat tidak ingin diberatkan dengan titipan souvenirs, cara mudah untuk menghindarinya adalah dengan Traveling secara diam-diam. Trik ini cukup ampuh dalam memperkecil kemungkinan untuk dititipi oleh-oleh. Sesekali, Sobat coba langsung berangkat tanpa bercerita kepada semua orang.

Baca Juga  Penting!! Ikuti Tips Traveler Ini Kalau Mau Liburan Berkualitas dan Nyaman

Pengalaman ini pernah saya alami ketika berkunjung ke Malaysia. Dimana sebagian dari teman saya meminta titipan berupa coklat khas Malaysia. Dari tempat saya menginap menuju tempat penjualan oleh-oleh khas Malaysia lumayan jauh dan harganya juga lumayan mahal. Tips ini juga bisa Sobat terapkan jika mempunyai masalah yang sama.

Photo via www.referralcoach.com
Photo via www.referralcoach.com

 

Jangan Respon Teman di Handphone

Cara lain yang Sobat bisa lakukan agar tidak diberatkan dengan titipan oleh-oleh adalah menahan diri untuk tidak memegang ponsel sementara. Banyak yang tidak setuju dengan tips ini, tapi ini adalah strategi yang sangat cocok. Dengan cara ini, Sobat bisa menikmati perjalanan liburan yang asik dan menyenangkan.

Jika Sobat terus-menerus terhubung dengan ponsel dan internet, Sobat tidak akan fokus menikmati liburan dan malah akan disibukkan dengan permintaan souvenirs. Bukan berarti Sobat tidak boleh memegang handphone dan terhubung dengan internet, tetapi batasi intensitasnya semaksimal mungkin ya sob!!

Photo via www.idntimes.com
Photo via www.idntimes.com

 

Jangan Pasang Status Liburan

Ketika sedang menunggu sebuah penerbangan, memang sulit untuk melepaskan diri dari sebuah aktivitas sosial media. Kebanyakan traveler masa kini rajin update status tentang liburannya. Jika Sobat rajin update status, tidak menutup kemungkinan teman-teman di sosial media mengetahui Sobat sedang traveling.

Teman-teman yang mengetahui kalau Sobat sedang berlibur, bisa jadi berbondong-bondong minta oleh-oleh. Tujuan untuk menikmati liburan, waktu Sobat malah habis buat mencari titipan souvenirs. Jika hal ini mulai mengganggu aktivitas liburan, Sobat bisa minimalisir update status di media sosial.

Baca Juga  7 Tips Liburan Murah dan Bermanfaat Jika Sobat Bosan di Rumah

 

Jangan Posting Foto

Foto saat berlibur memang merupakan momen indah yang tak boleh dilewatkan. Foto traveling bisa jadi kenangan dan sebagai bukti kalau Sobat memang benar sedang berlibur. Tetapi sobat harus menahan diri sebisa mungkin untuk tidak posting foto di sosial media.

Jika Sobat rajin memposting foto, yang niat awalnya untuk sharing keindahan objek wisata, malah akhirnya jadi umpan bagus bagi teman Sobat penitip oleh-oleh. Tak jauh berbeda dari update status, kalau sudah banyak yang meminta tolong untuk dibelikan souvenirs walaupun nantinya uang Sobat diganti, tetap saja tidak akan puas menikmati liburan yang nyaman.

Photo via pijarpsikologi.org
Photo via pijarpsikologi.org

 

Katakan Kalau Uang Terbatas

Jika Sobat sudah terlanjur banyak yang ingin di bawakan souvenirs dan budget tidak mencukupi, katakan saja kalau Sobat membawa uang terbatas. Terkadang, yang meminta oleh-oleh tidak tahu kondisi keuangan kita. Ini saatnya Sobat katakan secara jujur dan halus kalau budget tidak mencukupi untuk membeli souvenirs.

Jika Sobat bersedia mencarikan souvenirs yang di inginkan oleh seorang teman, Sobat bisa meminta teman untuk menitipkan sejumlah uang. Bisa juga penyampainnya dengan bercanda, supaya Sobat tidak dinilai pelit oleh teman, karena persepsi masing-masing teman pasti berbeda-beda.

 

Sobat punya pengalaman menarik tentang tips liburan yang aman dan nyaman anpa beban titipan souvenirs? Sobat bisa share di kolom komentar ya!! Semoga perjalanan traveling Sobat semua menjadi lebih nyaman tanpa ada titipan souvenirs yang membebani!!

Baca Juga  7 Tips Jitu Mendapat Tiket Pesawat Murah H-7 Lebaran

Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social dibawah ini. Selamat berlibur Sobat dan berkumpul kembali dengan orang-orang terkasih!!

3215cookie-check5 Tips Liburan Aman dan Nyaman Tanpa Beban Titipan Souvenirs
Share Yuk!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •