Cara Mengoptimalkan Gambar Di WordPress

Cara Mengoptimalkan Gambar Di WordPress
Cara Mengoptimalkan Gambar Di WordPress

Untuk semakin menambah keindahan postingan blog, biasanya blogger menambahkan opsi multimedia seperti GIF, video dan gambar. Hal ini dilakukan agar pengunjung tidak merasa bosan ketika membaca konten. Agar upaya tersebut terealisasi secara maksimal, Anda harus benar-benar memperhatikan cara mengoptimalkan gambar di WordPress. Berikut adalah beberapa tips mudah untuk mengoptimalkannya.

Memilih dan Memilah Gambar Dengan Format File yang Tepat

Sebuah konten akan semakin nyaman dinikmati ketika penulis dan seorang blogger pandai menyinkronkan isi dengan gambar yang disajikan. Anda harus melakukan sistem memilah dan memilih.

Cara ini dilakukan dengan cara menentukan multimedia jenis apa yang cocok dengan isi setiap kontennya. Kemudian pilih format JPEG untuk jenis gambar hasil fotografi atau umum dan PNG sebagai sajian logo, vektor atau screenshoot.

Mengompres Gambar Sebelum Diunduh

Jangan terburu-buru untuk mengunggahnya, sebab Anda harus melakukan kompres pada gambar untuk mengoptimalkan tampilan di konten blog. Upaya ini dilakukan dengan cara menemukan keseimbangan antara kualitas dan ukuran.

Kegunaan dari mengkompres gambar ialah agar mendapatkan kualitas tertinggi meskipun ukurannya kecil. Untuk mencegah terjadinya pecah seperti buram atau terdapat kotak-kotak kecil ketika di zoom.

Menggunakan Alat Optimalisasi Gambar

Pada dasarnya alat ini terdapat dua jenis. Namun, jika Anda hendak mengontrol pengaturan sesuai dengan keinginan, maka dapat menggunakan optimalisasi dekstop. Beberapa fitur di dalamnya antara lain Adobe Photoshop, Affinity Photo, Gimp dan Paint.

Apabila Anda merasa tidak cukup jago menjalankan berbagai fitur diatas, gunakan saja alat mengoptimalkan gambar otomatis. Beberapa di antaranya adalah seperti TinyPG, Kraken, OptiPNG, Trimage dan ImageOptim.

Plugin Kompres pada WordPress

Tahukah Anda jika wordpress menyediakan tools dalam membantu optimalisasi gambar. Layanan tersebut dihadirkan agar blogger semakin mudah ketika hendak membenahi dan mengatasi berbagai keluhan soal multimedia.

Dengan plugin tersebut, pengguna dapat menyelesaikan berbagai masalah terkait dengan optimalisasi gambar. Beberapa macam yang bisa Anda gunakan, seperti ShortPixel, Image Optimizer, Optimus Image Optimizer, Imagify Image Optimizer, WP Smush dan masih ada banyak lagi.

Lakukan Resize Gambar Untuk Penayangan Menjadi Lebih Optimal

Ketika Anda hendak melakukan kiat optimalisasi ada baiknya untuk membuat gambar yang akan diunggah menjadi sesuai dengan ukuran. Caranya ialah memperbaiki terlebih dahulu ukuran dimensinya.

Untuk lebih memaksimalkan cara ini, pastikan menyesuaikan gambar dengan tema yang akan digunakan. Perhatikan secara benar agar tidak terjadi loading lama ketika multimedia tersebut di klik oleh pembaca atau pengunjung blog.

Membuat Gambar SEO Friendly

Cara mengoptimalkan gambar di WordPress bisa Anda lakukan dengan membuat SEO Friendly. Upaya tersebut bisa digunakan untuk memperkaya isi artikel di dalam blog serta berpotensi untuk menyumbang traffic blog.

Dengan melakukan hal ini, ternyata Anda mendapatkan tingkatan ranking lebih bagus pada mesin pencarian google. Trik tersebut sangat mampu memaksimalkan minat pengunjung untuk mampir di blog.

Memperkecil Ukuran Gambar

Sebagian pengelola blog biasanya salah mengambil persepsi tentang ukuran multimedia yang disajikan. Memberikan ukuran gambar yang terlalu besar ternyata menjadikan proses loading menjadi sangat lama.

Selain melakukan pemilihan format yang tepat, Anda juga perlu untuk memperkecil ukuran menjadi sekitar 50Kb. Hal ini dilakukan agar proses loading konten tidak terhambat. Sebab, semakin besar tampilan multimedia, biasanya rentan terjadi error loading page.

Menambahkan Caption pada Gambar

Pengunjung biasanya cenderung bosan dan mengabaikan proses loading gambar. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menambahkan caption di bawah tampilan image. Cara menuliskannya juga sangat mudah.

Ketika menulis konten pada wordpress, ada berbagai sajian opsi pendukung. Pada bagian atas kolom saat menambahkan gambar, tuliskan caption sesuai dengan isi dan buatlah semenarik mungkin, agar pengunjung semakin betah.

Menambahkan Alt Text

Setelah menambahkan caption, Anda akan menjumpai kolom alternatif text (Alt Text). Bagian ini dapat digunakan untuk mendeskripsikan suatu gambar yang akan disajikan oleh pembuat konten.

Selain itu, apabila terjadi delay pada proses loading, alternatif text juga akan muncul terlebih dahulu sebagai upaya menggantikan tampilan. Kiat semacam ini juga masih termasuk ke dalam fitur SEO Friendly.

Meletakkan Gambar di Tempat yang Tepat

Tujuan dari gambar yang disajikan pada isi konten tidak lain adalah untuk menambah, memperjelas dan memberikan informasi dukungan pada artikel. Sangat wajib bagi Anda untuk meletakkanmya di posisi setepat mungkin.

Misalnya, Anda menulis artikel tentang pentingnya kesehatan, letakkan gambar sesuai yang menunjukkan grafik kesehatan atau persentase gizi pada bagian tengah di antara kalimat-kalimat. Ketika pengunjung membaca dapat sekaligus merepresentasikan otak kanannya.

Menghindari Pelanggaran Hak Cipta

Sangat penting untuk diperhatikan bahwa kasus pelanggaran hak cipta atas gambar dan postingan sebuah artikel kini tengah menjadi perbincangan. Pasalnya, beberapa penyedia gambar atau pengelola blog tidak semua setuju postingannya diduplikasi.

Cara untuk dapat menghindari pelanggaran hak cipta ini dapat Anda lakukan dengan tidak mengunggah gambar yang terdeteksi watermark. Sajikan kreasi image buatan sendiri atau beli pada penyedia layanan lisensi agar lebih aman.

Dengan memperhatikan cara mengoptimalkan gambar di WordPress, maka pengunjung akan semakin betah dan sering mengunjungi blog Anda. Lakukan dengan benar agar tidak terjadi penurunan kunjungan.

35170cookie-check11 Cara Mengoptimalkan Gambar Di WordPress
Share Yuk!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •